SELAMAT DATANG DI TOKO ONLINE FITRIYA

TEH GAHARU MJA

| Kamis, 05 November 2015
TEH GAHARU
Manfaat Daun Gaharu untuk Kesehatan – Daun gaharu atau dalam bahasa latindisebut Aquilaria malaccensis. Tumbuhan ini banyak ditemukan di Indonesia, Bangladesh, Bhutan, India, Malaysia, Singapura, Philipina, Myanmar, Thailand. Di Indonesia sendiri dapat ditemukan di  didaerah Sumatera dan Kalimantan. Pohon ini termasuk dalam salah satu pohon yang dilindungi karena terancam punah, gaharu berarti kayu yang tenggelam.Ciri-Ciri Daun Gaharu

Pohon gaharu sering diumpamakan sebagai pohon cemara yang tumbuh besar hingga 15-30m dengan diameter 1,5-2,5m dan memiliki bunga yang berwarna putih, daunnya memiliki lebar 2-4cm dan panjangnya 5-11cm. Spesies Aquilaria ini telah beradaptasi untuk hidup di berbagai habitat, termasuk habitat berbatu, berpasir hingga berkapur. Pohon gaharu tumbuh di dekan lereng dan peguungan dan dapat juga tumbuh didekat rawa. Pohon gaharu dapat rumbuh  pada ketinggian 0-850m diatas permukaan laut, dengan suhu harian 20-22 derajat C.
 

KANDUNGAN ZAT PADA DAUN GAHARU
Pada konstituen bioaktif yang paling penting dari tanaman ini adalah sebagai berikut.


Alkaloid Dengan dosis yang tepat dapat bermanfaat sebagai antibiotik
Senyawa fenolik Dalam tanaman bioaktif penting untuk pigmentasi tanaman
Flavonoid Sebagai antiinflamasi untuk mengatasi peradangan tersebut
Tannin Sebagai senyawa yang terkandung dalam fungsinya sebagai antiseptik


MANFAAT DAUN GAHARU YANG DIGUNAKAN DALAM MASYARAKAT
Daun gaharu dapat dimanfaatkan sebagai herbal dan terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit kronis sebagai berikut:

Diabetes
 Kadar gula darah yang tidak stabil (seperti diabetes)
Gangguan kulit
Penuaan dini
Perawatan paru
Masalah peredaran darah
Pengobatan sakit kepala
Stroke
Asam urat
Masalah ginjal
Kanker prostat
Asma
Tiroid kelelahan kronis
Disfungsi seksual
Kegelisahan
Gangguan tidur
Penurunan berat badan
Detoksifikasi
Mabuk
Sembelit
Tekanan darah tinggi

Dalam metode pengobatan tradisional daun gaharu bisa digunakan dalam bentuk seduhan teh. Pada beberapa negara daun gaharu memiliki sejarah yang panjang di Asia Tenggara. Teh daun gaharu telah digunakan sejak 100 tahun silam diseluruh Asi Teggara oleh para praktisi kesehatan tradisional. Dalam masyarakat sering digunakan untuk mengobati lambung, ginjal dan masalah permapasan. Dosisi medis yang direkomendasikan per hari adalah 3 grm. Dan berikut manfaat dan khasiat daun gaharu untuk kesehatan seperti yang dilansir manfaat.co.id.


MANFAAT DAN KHASIAT DAUN GAHARU UNTUK KESEHATAN

1. Daun Gaharu Sebagai Anti Depresi
Manfaat daun gaharu yang pertama adalah extrak  benzene yang berguna untuk sistem syaraf pusat sebagai anti depresi pada syaraf. Ini disebabkan daun gaharu mengandung senyawa aktif agarospirol, yang memiliki fungsi sebagi anti depresi yang mampu menekan sistem saraf pusat yang mengakibatkan ketenangan dan mengembalikan kebugaran tubuh.

2. Teh daun gaharu sebagai anti penuaan
teh daun gaharu dalam sebuh penelitian terbaru menemukan daun ini mengandunggenkwanin yang merupakan glikosida alami yang secara luas dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Dikatakan zat ini dapat menghilangkan merkuri secara efisien. Teh daun gaharu yang mengandung glikosida mempunyai manfaat untuk diet dan diyakini dapat memperlambat proses penuaan/
Teh daun gaharu tidak mengandung zat adiktif, senyawa pengawet dan pewarna buatan. Sering kali kosmetik mengandung merkuri, yang dianggap sebagai faktor penuaan dini lebih cepat. Teh daun gaharu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hal ini dengan menghilangkan merkuri dari tubuh, sebagaimana yang dilansir asian agarwood. Sehingga teh daun gahar dapat mencegah penuaan kulit. Sehingga kulit menjadi lebih sehat. dan bebas dari noda.

3. Menjaga berat badan
Daun Gaharu dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam menurunkan berat badan, yang disebut dengan detoksifikasi. Untuk mencapai penurunan berat badan dengan 6-8 cangkir teh daun gaharu perhari yang dapat disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin.

4. Detoksifikasi tubuh
Teh daun gaharu dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan yang kelebihan, dan sebaliknya teh daun gaharu dapat menambah berat badan yang membutuhkan, mengapa dapat sepert itu?.  Hal ini dikarenakan apapun dietnya manusia dapat menimbun neurotoksin.

5. Mengurangi rasa mabuk
Teh gaharu dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan efek buruk dari alkohol yang mempengaruhi kesehatan.

6. Menambah Energi
Daun gaharu juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan energi, sehingga lebih ringan dalam beraktifitas fisik. Pada awal mengonsumsu teh daun gaharu akan meningkatkan jumlah kuantitas untuk buang air kecil. Hal ini menunjukan teh daun gaharu baru bekerja pada tubuh. Pembilasan detoksifikasi yang terjadi sebagai akibat minum teh gaharu adalah melumasi perut.

7. Menenangkan Tubuh
Telah beradab-abad lamanya teh dau gaharu telah digunakan untuk menenangkan gangguan kecemasan dan susah tidur. Aroma yang dikeluarkan oleh daun gaharu memiliki efek menenangkan secara alami dan dapat mengurangi gajala stres. Sehingga memungkinkan orang untk mencapai tidur yang lelap dan lebih tenang. Daun gaharu juga bermanfaat untuk kesehatan paru-paru, dan dapat meningkatkan sirkulasi darah yang sangat penting untuk metabolisme tubuh.

8. Dibuat menjadi minyak
Daun gaharu memiliki minyak essensial yang memiliki manfaat seperti bunga mawar, manfaat bunga garanium ,dan manfaat bunga cendana  Memiliki manfaat sebagai berikut.
Tonik yang efektif, bersifat diuretik, mengurangi epilepsi, dan antimikroba. Karena minyak gaharu adalah afrodisiak paling ampuh dari semua minyak esensial.
Minyak Gaharu telah digunakan sebagai pengobatan untuk paru-paru dan tumor perut. Minyak ini digunakan di Malaysia untuk rasa kari dan Taiwan menggunakannya sebagai bahan aromatik anggur lokal mereka.
Berguna dalam gangguan saraf, pencernaan, keluhan paru-paru, penyakit cacar, rematik, sakit selama dan setelah melahirkan, menghentikan kejang dalam sistem pencernaan dan pernafasan, demam, sakit perut, asma, kanker, kolik, diare, mual, regurgitasi, kelemahan pada orang tua, sesak napas, menggigil, sakit umum dan sirosis hati.

9. Manfaat Aromaterapi
Daun gaharu memiliki kemampuna untuk relaksasi yang dapat berguna pada saat  dalam setiap sesi aromaterapi. Yang dapat menghilangkan kecemasan dan depresi. Aroma terapi ini dapat bertahan selama 12 jam. Beberapa produsen parfum dieropa menggunakan daun gaharu untuk parfum rumahan.


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲